karakteristik objek 3D
1. Motion Capture
2. Pemodelan 3D
3. Texturing
4. Rendering
5. Pemodelan Geometris
Transformasi dari konsep ke model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer :
- Shape
- Posisi
- Cara pandang
- Ciri-ciri permukaan
- Ciri-ciri volume
- Pencahayaan
- Posisi
- Cara pandang
- Ciri-ciri permukaan
- Ciri-ciri volume
- Pencahayaan
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
*) Jala-jala segi banyak : segi bersudut banyak yang dihubungkan satu sama lain.
*) Bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
*) CSG : membuat bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk primitif.
Elemen-elemen pembentuk grafik geometri :
- Titik
- Garis
- Polygon
- Kurva
- Lingkaran
Elemen-elemen pembentuk grafik warna :
1. Sistem visual manusia
2. Kubus warna RGB (sistem koordinat R,G,B sebagai axes) >> R = Red, G = Green, B = Blue
3. Model warna C,M,Y
4, True Color
5. Indexed color
6. High Color
Teknik Geometris secara :
1. The Hack
2. The Good
3. Splines
4. Implicit Surfaces
5. Subdivision Surfaces
6. The Gracefully Degraded
Tipe Objek 3D
a. Wireframe : objek yang hanya berdiri atas aris lurus dan garis lengkung yang mempresentasikan
tepi-tepi objek, tanpa permukaan tertutup. Tipe ini merupakan objek 2D yang digambarkan dalam
ruang 3D.
b. Surface : adalah sebuah objek yang tersusun atas permukaan. Objek ini dpt diibaratkan spt dinding
tipis pada sebuah kotak, objek surface tidak memiliki volume (kosong). Surface dapat dipakai untuk
benda-benda yang fleksibel,seperti : body mobil, body pesawat, pohon, dll.
c. Solid : objek solid memiliki mass properties, ini menunjukan bahwa objek solid merupakan benda
yang padat dan memiliki titik berat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar